Jumat, 01 November 2013

10 BUAH BERACUN YANG SERING KITA MAKAN


Kita banyak yang tidak mengetahui kandungan yang ada pada makanan yang sering kita makan, padahal banyak sekali makanan yang mempunyai kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh dan yang lebih menarik adalah ternyata banyak sekali makanan yang mengandung racun tetapi sering kita makan.
Nah di bawah ini adalah 10 makanan beracun yang sering kita makan yang dikutip dari tempe-r.blogspot.com

Tips Pemulihan (Recovery) Setelah Bersepeda Jarak Jauh

Tips Pemulihan (recovery) Setelah Bersepeda Jarak Jauh
Zona Sepeda - Touring, banyak dari penggemar olah raga sepeda sangat menyukai tipe riding ini. Bersepeda dalam jarak jauh dengan rute yang sudah di tentukan tentulah sangat menyenangkan. Selain berlatih meningkatkan endurance (ketahanan), rider juga dapat melatih berbagai macam teknik bersepeda.
Bersepeda dalam jarak yang cukup jauh tentunya banyak menghabiskan energi,kelelahan (fatique) yang panjang tentunya dapat membuat kondisi tubuh menjadi drop, yang kita butuhkan adalah recovery (pemulihan) yang cepat untuk kembali mendapatkan kondisi 100% fit.
Recovery riding Atlit Yogyakarta - Foto Supandito
Recovery riding Atlit Yogyakarta - Foto Supandito

Sejarah Sepeda Fixed Gear

Sejarah Sepeda Fixed Gear
Zonasepeda – Fixed Gear atau yang lebih nyaman dengan menyebutnya dengan sepeda Fixie, saat ini sedang trend dikalangan goweser tanah air. Selain untuk alat transportasi dan olahraga saat ini Fixie sudah menjadi gaya hidup diberbagai lapisan masyarakat pencinta sepeda.
Sebenarnya apakah Fixie itu, awal mulanya lebih dikenal dengan Fixed Wheel, berkaitan erat dengan single speed bicycle.
Fixed G

Sejarah Sepeda Gunung

Sepeda Gunung ini awalnya dikenal dengan nama Klunkerz. Penasaran bagaiman kisah sepeda ini?

Sepeda gunung atau (All Terrain Bike/ATB) adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat.

Sumber Gambar : herdiananantaputra.blogspot.com

Tidak Nyaman Ketika Bersepeda Jarak Jauh, Inilah Penyebabnya

sakit pinggang bersepeda
sakit pinggang bersepeda
Tidak Nyaman Ketika Bersepeda Jarak Jauh, Inilah Penyebabnya
Zonasepeda – Bersepeda dalam jarak yang relatif jauh (touring) tentunya sangat menyenangkan, apalagi dilakukan dalam kelompok yang besar, menyusuri lintasan yang baru tentu sangat menantang bagi para goweser.
Sering kali kita merasa tidak nyaman berada diatas sadle setelah menempuh jarak yang lumayan jauh, terlepas dari kondisi fisik goweser. Sebenarnya ada beberapa hal teknis yang patut diperhatikan sebelum kita merasa siap berlama-lama diatas sadle.
Apakah hal teknis yang menjadi perhatian agar kita merasa nyaman diatas sadle sepeda, yang paling pokok adalah “sepeda” itu sendiri. Frame sepeda, seperti yang pernah diulas diartikel-artikel sebelumnya, frame adalah heart of bike (jantungnya sepeda). Kesalahan dalam pemilihan ukuran frame berakibat fatal.
Goweser dapat melakukan sendiri pengukuran frame yang tepat, lebih sempurna lagi jika anda dibantu seorang teman, hanya bermodal alat ukur sederhana anda dapat menempukan ukuran frame yang pas dan tepat, kalkulator frame baik untuk roadbike maupun MTB dapat anda temukan di url berikut :http://www.competitivecyclist.com/za/CCY?PAGE=FIT_CALCULATOR_INTRO.

Fakta Fenomenal Sepeda Gunung

Sumber Gambar : uungferi.wordpress.com
Ketika pertama kali dipamerkan pada New York Bike Show pada tahun 1981, penemu sepeda gunung mengatakan bahwa sepeda jenis ini tidak akan pernah populer.

Kenyataannya 80% sepeda yang terjual di Amerika Serikat adalah jenis ini.

Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang pertama kali dinaiki sampai ke puncak gunung Kilimanjaro, titik tertinggi di benua Afrika , 5.895 m.

Kilimanjaro (bahasa Swahili: kilima, gunung; njaro, bercahaya) atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania.

Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung.

 Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih dalam bahasa Masai.

Sumber : wikipedia.org

Selasa, 29 Oktober 2013

The Best Mud Mountain Bike Tires

Mengendarai sepeda gunung melalui lumpur membutuhkan ban yang berbeda. Ketika berlapis dengan tanah basah, ban sepeda akan kehilangan pegangan dan beban garpu dan rantai tetap dengan lumpur, memperlambat kecepatan pengendara dan meningkatkan tenaga yang diperlukan untuk bersaing dengan pak. Ban lumpur terbaik meningkatkan traksi melalui saluran yang lebih luas antara tombol-tombol dan alur, sehingga puing-puing untuk melewati cepat.

Baca lebih lanjut di Trails.com: The Best Mud Ban Mountain Bike | Trails.com http://www.trails.com/list_8551_best-mud-mountain-bike-tires.html # ixzz2j5EqC184
The Best Mud Mountain Bike Tires

Novatec Rim Carbon

Novatec tahun depan menawarkan wheelset bahan carbon. Bekerja sama dengan Factor perusahaan dari Virgin Utah. Wheelset Novatec akan dibuat dari ukuran 26, 27.5 dan 29er. Memiliki lebar 21 mm dan harganya di kisaran 2000 dollar.

Bart 27,5 inch sekitar 1.500g, 29er sekitar 1.550g. Produk dibawah dipamerkan di pameran Interbike 2013 lalu. Akan tersedia untuk roda sepeda MTB dan roadbike


Sejarah Mountain Bike (MTB)

Hikayat menyebutkan, sepeda dahulu kala dibuat pertama kali bukan untuk sarana rekreasi apalagi olahraga namun murni sebagai bentuk transportasi yang lebih efisien dan tak menguras tenaga ketimbang jalan kaki. Di zaman Mesir Kuno, sepeda hanyalah sebuah balok melintang dengan dua roda kayu di bawahnya. Kala itu tak dikenal pengayuh atau pedal. Sejarah sepeda bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi. Meski begitu, mereka cukup menolong orang-orang – pada masa itu – untuk berjalan. Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817.

Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.
Yang mempopulerkan pedal dan rantai penggerak roda belakang adalah James Starley. Sehingga pada tahun 1900 di Amerika Serikat tercatat ada 70 ribu buruh untuk membuat 4 juta unit sepeda. James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil.

Ban Sepeda, Apa yang Harus Diketahui

Membeli ban sepeda tidak terlalu rumit. Tetapi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Jenis sepeda dan jenis berkendara (off road, balap, commuter) mempengaruhi pemilihan jenis ban sehingga memberikan performa yang baik. Ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Tahu Ukuran Ban yang Dibutuhkan – Dimensi

Ukuran ban standar untuk sepeda dewasa seperti sepeda gunung, hibrid dan lain lain biasanya antara 26 atau 27 inch, yang merupakan ukuran luar diameter ban. Sekarang roda ban berukuran metric, antara 650 mm atau 700 mm umumnya. BMX biasanya 20 inch.
Size ban nampak pada bagian samping ban.

Senin, 28 Oktober 2013

Tip merawat rem sepeda jenis disk brake, khususnya bagian kanvas atau brake pad.

Untuk merawat rem disk brake untuk sepeda ada beberapa tip seperti dibawah ini.
  1. Jangan pernah membiarkan permukaan rotor atau cakram rem kotor. Karena akan menumpuk dibagian brake pad. Kekuatan rem menjadi tidak optimal.
  2. Jangan pernah membiarkan rotor atau cakram terkena minyak. Bila rotor secara tidak sengaja terkena minyak, sebaiknya langsung mencabut roda dan bersihkan bagian rotor. Bila rotor terkena minyak dan di biarkan, minyak yang disapu oleh brake pad. Hal tersebut menyebabkan rem menjadi blong. Bisa digambarkan seperti kanvas rem atau brake pad sudah diberikan minyak. Pastinya tidak akan mencengkram dengan baik.
  3. Bila brake pad terkontaminasi oleh minyak, sebaiknya langsung di cabut dan dibersihkan. Jangan biarkan minyak yang menempel pada brake pad menempel dan merembes kedalam kanvas. Bila sudah terjadi, anda akan berurusan untuk membeli brake pad baru.
  4. Khusus untuk bagian rotor, jangan tertindih atau tertimpa benda lain. Misal anda membawa ban lalu ditumpuk diatas bagasi, rotor yang terlihat amat kuat bisa melengkung karena beban berat.
  5. Khusus untuk rem Hidraulic atau rem Hidrolik. Setiap melepas ban, jangan lupa memasang kembali protektor untuk brake pad. Penguna sepeda gunung dengan rem jenis hidrolik terkadang lupa memasangkan protektor pada brake pad. Ketika tuas rem tertekan secara tidak sengaja, maka bagian brake pad akan menjepit. Tetapi tidak bisa kembali seperti semula. Hasilnya brake pad akan terkunci dan penguna sepeda tidak bisa memasukan ban karena terhalang oleh brake pad yang masih menjepit. Untuk menangani hal ini, biasanya di gunakan obeng untuk mendongkrak agar brake pad yang menjepit bisa terbuka kembali. 
  6. Jangan melepas brake-pad atau kanvas rem Hidrolik dan memainkan tekanan brake lever / tuas rem. Dalam beberapa kasus, caliper untuk menjepit rotor bisa menyebabkan oli rem menetes keluar. Disebabkan dorongan dari tekanan oli dari brake lever dan mendorong bagian piston dibawah sehingga terjadi kebocoran.

Marzocchi 380 C2R2 Titanium Spring for Downhill

Fork downhill Marzocchi 380 C2R2 dengan panjang travel 200mm. Model tertinggi diberikan dengan per Titanium tersedia dalam ukuran sepeda 26 dan 660b.

Dibawah ini spesifikasi Marzocchi 380 C2R2 Titanium
Berat fork 2,795 grams / 6 pounds, 3 ounces

  • 200-millimeters of travel
  • DBC C2R2 Cartridge
  • Low-Speed Rebound
  • High-Speed Rebound
  • Three-Stage Compression Valving
  • Low-speed Compression
  • Mid-Speed though shim stack
  • High-Speed Compression

Kompatibel     Wheel size: compatible with both 26-inch and 650b wheels
  • Tapered Steerer or 1-1/8-inch option available
  • Hollow lower crown
  • 38-millimeter diameter, nickel-coated, and tapered aluminum stanchions
  • Titanium spring
  • Increased distance between the upper and lower bushing to increase rigidity
  • Low-friction seals for smooth performance
  • Taper-wall 20-millimeter axle, removable with single Allen key
  • Availability: September 2013



Marzocchi 320, 350 dan 380 fork untuk XC, Enduro dan Downhill

Produk Marzocchi tahun 2014 cukup banyak tampil. Dari fork DH, update fork Cross Country dan fork Enduro. Setiap fork mengunakan nama berdasarkan diamter stanchion atau ukuran silinder. 38mm dual crown untuk model 380 versi fork DH. XC ditambahan nomor 320 atau 32mm dan 350 untuk fork enduro dengan ukuran silinder 35mm.

Enduro 350NCR sebenarnya dirancang untuk tahun 2015 atau baru dirilis tahun depan. Tapi akan tersedia pada musim semi mendatang. Memiliki disain Dynamic Bleed Catridge / DBC 


Manitou Mattoc Fork MTB 2014, 140mm – 170mm untuk ban 26 dan 27.5


Manitou Mattoc ditawarkan untuk ban 26 inch dan 27.5 inch. Mengunakan teknologi Dorado dual chamber air. Manitou Mattoc memiliki model 140, 150, 160 dan 170mm (untuk 26 inch. Diameter Stanchion 34mm dan fork ini cukup ringan sekitar 1877g.

Alchemist Enduro Stealth carbon wheelset yang unik

Alchemist Enduro Stealth sebuah disain wheelset baru dengan gaya Stealth. Bahannya sudahcarbon ringan dan dibuat handmade di Itali. Alchemist Enduro Stealth hanya dibuat untuk roda 27.5 , dan diperuntukan untuk medan Enduro.

Rim mengunakan rancangan Ridge Reinforcement dengan bentuk seperti siku di sepanjang garis jari jari sepeda. Bahan mengunakan plastik polymer agar menyerap benturan pada roda.  Pada bagian hub dibuat seperti diamond. Untuk beban maksimum 90kg

AlchemistBikes.com



Kenda Nevegal X Pro dan Kenda Boney Badger XC Pro, ban sepeda gunung

Kenda Nevegal X Pro dibuat lebih ringan dan lebih cepat bergulir. Periubahan dengan knob X mengurangi hambatan ketika berjalan. Kenda Nevegal X Pro dibuat untuk ukuran 26 inch dengan lebar 2,1 dan 2,35, dan 27,5. Satu lagi 29er hanya memiliki lebar 2.2 inch.