Kamis, 29 Agustus 2013

Rear Shock Sepeda Gunung atau Mtb




Sepeda Gunung teknologi suspensi telah membuat kemajuan besar sejak pertama kali muncul di awal 1990-an. Frame suspensi penuh awal yang berat dan cenderung bergerak naik turun, sementara pengendara mengayuh. Gerakan ini disebut pedal bob, bantingan, atau gerakan monyet dan mengambil alih kekuasaan dari seorang pengendara kayuhan pedal - terutama selama memanjat curam. Masukan dari upaya pengereman keras juga terkena dampak negatif desain suspensi penuh awal. Ketika pengendara menginjak rem, suspensi ini awal dikompresi menjadi perjalanan dan kehilangan beberapa kemampuan mereka untuk menyerap benjolan. Hal ini terjadi dalam situasi di mana suspensi belakang yang paling dibutuhkan. Ketika upaya pengereman menyebabkan suspensi untuk kompres disebut sebagai rem jongkok ketika pengereman menyebabkan suspensi untuk memperpanjang disebut jack rem.


Masalah dengan pedal bob dan jack rem mulai dikendalikan di awal 1990-an. Salah satu yang pertama sukses suspensi sepeda penuh dirancang oleh Mert Lawwill, mantan juara sepeda motor. Sepedanya, Gary Fisher RS-1, dirilis pada tahun 1992. Suspensi belakang yang mengadaptasi desain suspensi A-lengan dari olahraga balap mobil, dan adalah yang pertama empat-bar linkage bersepeda gunung. Desain ini mengurangi masalah kembar pengereman dan mengayuh masukan yang tidak diinginkan ke roda belakang, tapi desain tidak sempurna. Masalah tetap dengan tindakan suspensi bawah percepatan, dan RS-1 tidak bisa menggunakan rem kantilever tradisional sejak poros belakang, dan dengan demikian rim, pindah dalam kaitannya dengan chainstays dan seatstays. Sebuah ringan, kuat rem cakram tidak dikembangkan sampai pertengahan 1990-an, dan rem cakram yang digunakan pada RS-1 adalah kejatuhannya.

Horst Leitner mulai bekerja pada masalah rantai torsi dan efeknya pada suspensi pada pertengahan 1970-an dengan sepeda motor. Pada tahun 1985 Leitner membangun prototipe sepeda gunung menggabungkan apa yang dikenal kemudian sebagai "Horst link". The Horst Link adalah jenis empat-bar suspensi. Leitner membentuk sepeda gunung dan perusahaan riset, penelitian AMP, yang mulai membangun sepeda full-suspensi gunung. Pada tahun 1990, AMP memperkenalkan link Horst sebagai fitur dari "hubungan sepenuhnya independen" suspensi belakang untuk sepeda gunung. AMP B-3 dan B-4 XC full-suspensi sepeda fitur opsional rem cakram dan Horst link suspension belakang sangat mirip dengan strut Macpherson. Perhatikan bahwa piston meluncur dalam shock absorber mewakili keempat "bar" dalam kasus ini. Sebuah model kemudian, B-5, dilengkapi dengan revolusioner empat-bar suspensi depan garpu, serta link Horst di bagian belakang. Ini menampilkan hingga 125 mm (5 inci) perjalanan pada sepeda berat sekitar 10,5 kg (23 pon). Selama 10 tahun AMP Penelitian diproduksi mereka sepeda full-suspensi dalam jumlah kecil di Laguna Beach, California, termasuk pembuatan hub mereka sendiri, guncangan belakang, garpu suspensi depan dan kabel-actuated-rem cakram hidrolik yang mereka rintis. 
Lembut ekor

Softail, bergantung pada kelenturannya dari chainstays dari bingkai berlian biasa untuk membuat perjalanan suspensi, kadang-kadang menggabungkan anggota meregangkan tertentu dalam chainstays. Sebuah shock absorber (atau elastomer) ditempatkan sejalan dengan kursi tetap untuk memungkinkan chainstays untuk bergerak ke atas dan ke bawah, dan untuk penyerapan shock. Seperti suspensi bergerak melalui perjalanan yang tinggal dan shock absorber kursi keluar dari keselarasan. Misalignment ini menciptakan tuas mekanis untuk kekuatan suspensi, menyebabkan torsi pada sendi antara rantai dan seatstays. Ini merupakan kelemahan struktural yang melekat dari desain ekor lembut dan sangat membatasi jumlah perjalanan yang mungkin, biasanya sekitar 1 sampai 2 inci. Ekor lunak telah beberapa bagian dan beberapa poin poros membuat mereka sederhana dan memerlukan sedikit pemeliharaan bergerak. Beberapa contoh termasuk Tim KHS Lembut Tail, Trek STP dan moots YBB. The Cannondale Scalpel adalah desain suspensi empat bar di mana salah satu pivot digantikan oleh link meregangkan dan memiliki 4 inci perjalanan.
Segitiga belakang bersatu

The terpadu segitiga belakang atau "URT" untuk jangka pendek, membuat braket bawah dan poros belakang langsung terhubung setiap saat. Tindakan Suspensi diberikan antara segitiga belakang, yang menyatukan poros belakang dan bawah braket, dan segitiga depan, yang menyatukan kursi dan as roda depan. Desain ini hanya menggunakan satu poros, yang menjaga jumlah bagian yang bergerak ke bawah. Panjang tetap antara braket bawah dan poros belakang memberikan URT yang keuntungan dari pertumbuhan rantai nol dan konsisten pergeseran derailleur depan. Selain itu sepeda motor itu mudah diubah menjadi satu-kecepatan. Namun sebagai URT itu suspensi bergerak, jarak antara kursi dan perubahan pedal, mengecilkan mengayuh efisiensi. Selanjutnya, ketika pengendara menggeser berat badan dari kursi ke pedal, dia sedang mengangkat badan dari bagian spung dari sepeda ke bagian unsprung. Dengan demikian, bagian dari berat badan mereka tidak akan dihentikan oleh sistem suspensi lagi. Sejak mengayuh sendiri adalah pergeseran berat ini, desain ini sangat rentan terhadap suspensi bob.

Contoh nyata dari sepeda dengan jenis suspensi termasuk Ibis Szazbo, Klein Mantra, Schwinn S-10, dan Trek Y.
Poros tunggal
Satu poros suspensi dengan 160 mm perjalanan pada 2008 Morewood Mbuzi

Satu poros adalah jenis yang paling sederhana suspensi belakang. Poros belakang dipegang oleh swingarm yang terhubung ke frame melalui poros tunggal yang terletak dekat braket bawah. Ketika suspensi bergerak melalui perjalanan ini, jalan poros belakang menggambarkan adalah lingkaran di sekitar titik pivot. Segitiga belakang bisa langsung melekat pada shock belakang untuk rasio leverage yang cukup linear antara roda perjalanan dan perjalanan shock absorber.

Keuntungan utama dari desain poros tunggal adalah kesederhanaannya. Ini memiliki beberapa bagian yang bergerak, beberapa poin poros, relatif mudah untuk merancang dan memiliki baik kepatuhan benjolan kecil. Tantangan dengan desain ini adalah jongkok rem dan pertumbuhan rantai.

Karena kesederhanaannya, banyak murah sepeda department store menggunakan desain ini.
Linkage didorong poros tunggal
Linkage didorong suspensi belakang poros tunggal

Implementasi lain dari desain poros tunggal menempel swingarm shock melalui hubungan tambahan, biasanya menciptakan empat-bar linkage actuating ("mengemudi") shock untuk membuat rasio leverage lebih progresif antara roda perjalanan dan perjalanan shock absorber. Desain ini disebut sebagai linkage poros tunggal didorong, bahasa sehari-hari disebut faux-bar. Perusahaan ini mempekerjakan empat-bar linkage tapi poros belakang diadakan di swingarm dan masih menggambarkan jalur poros melingkar. Empat-bar linkage hanya melayani untuk menjalankan shock dan tidak memiliki peran dalam mengatur jalan poros. Produsen keterkaitan didorong poros tunggal sering menggunakan kata "empat-bar" dalam kampanye pemasaran mereka, yang memunculkan julukan desain yang "faux-bar".
Produsen terkenal terkenal untuk digunakan lama mereka suspensi ini desain meliputi Kona, Jamis dan Bahan Bakar Trek tua.
Tinggi tunggal poros

Ini variasi suspensi poros tunggal menempatkan poros di depan dan di atas braket bawah, pada ketinggian di atas chainring terkecil atau lebih tinggi. Hal ini memberikan desain sejumlah besar anti-jongkok saat mengayuh di chainrings kecil, yang membantu mengurangi hilangnya energi akibat jongkok. Hal ini terutama penting pada tanjakan terjal, ketika salah satu akan menggunakan chainrings kecil. Namun, ini adalah trade-off sejak penempatan poros yang menyebabkan desain lebih menderita dari pedal bantingan. Contoh menonjol adalah Santa Cruz 'Superlight dan frame Heckler.
Berpisah poros

Desain perpecahan pivot adalah kasus khusus dari linkage didorong poros tunggal di mana salah satu poros poin empat-bar bertepatan dengan poros belakang. Hal ini memungkinkan untuk kaliper rem disc untuk dipasang pada hubungan mengambang (juga disebut coupler) bukan pada swingarm. Sebagai hasil dari torsi pengereman saat berinteraksi dengan suspensi melalui linkage mengambang. Kaitan dapat dirancang sedemikian rupa sehingga ini memiliki efek positif pada kinerja suspensi bawah pengereman, biasanya mengurangi jack rem. Selain itu, rotasi relatif antara rem cakram dan kaliper rem sebagai suspensi melewati perjalanan yang berbeda dari yang di desain poros tunggal. Keempat hubungan dalam pengaruh desain poros perpecahan bagaimana pengereman torsi ditularkan, bagaimana caliper rem bergerak dalam kaitannya dengan disk dan mempengaruhi rasio leverage antara roda perjalanan dan perjalanan shock. Karena pengaruh ini mungkin memiliki desain yang berbeda linkage optimal, desain sepeda memiliki untuk keseimbangan. Dave Weagle merancang poros perpecahan yang ia beri nama "Berpisah Pivot". Trek Sepeda Perusahaan juga merilis versi dari desain poros perpecahan yang disebut "Active Braking Pivot" (ABP) pada awal tahun 2007. Siklus DeVinci telah merilis implementasi berlisensi dari "Berpisah Pivot" desain yang Dave Weagle berhasil paten.
Link Horst
Empat-bar suspensi belakang

"Horst Link" suspensi adalah jenis empat-bar linkage suspensi. Hal ini ditandai dengan memiliki kedua menghubungkan link berporos pada tabung kursi, dengan poros rendah terletak di atas pusat dari braket bawah, dan poros belakang yang terletak lebih tinggi dari poros penghubung mengambang dan link yang menghubungkan lebih rendah. 

Khusus telah membeli beberapa paten Leitner itu yang mereka gunakan untuk mereka "FSR Suspension". Beberapa produsen telah lisensi desain dari Specialized. Beberapa produsen Eropa, seperti Cube dan Scott, lakukan menggunakan desain suspensi yang sama, tetapi tidak dapat mengimpor ke Amerika Serikat. 
Link pendek empat-bar

Meskipun tidak selalu berbagi apapun karakteristik suspensi umum, desain semua berbagi manfaat struktural tertentu. Karena link yang menghubungkan begitu singkat, link mengambang datang dalam bentuk segitiga belakang kaku cukup besar untuk mencakup roda belakang. Hal ini memungkinkan segitiga belakang pada kedua sisi roda yang akan kaku terhubung bersama sebagai satu bagian, sebelum melekat pada link yang menghubungkan dari empat-bar. Hal ini secara signifikan meningkatkan kekakuan lateral dan torsional belakang, sering kelemahan desain empat-bar, dan mengurangi beban pada pivots, menghubungkan link dan bersama antara poros belakang dan bingkai.
Virtual Pivot Titik
VPP suspensi pada 2013 Santa Cruz Tallboy

The "Virtual Titik Pivot" atau VPP, adalah nama yang diberikan untuk empat-bar linkage suspensi dengan link relatif singkat menghubungkan segitiga belakang ke frame. Hal ini ditandai dengan memiliki efek pemanjangan chainstay dan jalan poros berbentuk sebuah 'S'. Beberapa variasi mungkin memiliki link berputar berlawanan arah sebagai suspensi bergerak. Pusat instan rotasi, seperti yang ditemukan di semua sistem linkage, juga disebut virtual pivot point. The "Virtual Titik Pivot" suspensi dikembangkan oleh Outland Sepeda di tahun sembilan puluhan dan paten terkait kini dimiliki oleh Santa Cruz Sepeda. Suspensi VPP juga berlisensi untuk Cycles Intens.
DW-link
Diagram suspensi DW-link, seperti yang diterapkan pada Kuda Besi Minggu, menunjukkan lokasi pusat instan di atas-out
Artikel utama: DW-link

Dave Weagle itu "DW-link" lain sistem suspensi empat bar dengan dua link yang relatif singkat, di sini mereka biasanya co-putar. Hal ini ditandai dengan respon anti-jongkok yang bervariasi dengan perjalanan suspensi dan dirancang untuk mengurangi hilangnya energi yang dihasilkan dari jongkok selama mengayuh. Ini biasanya memiliki tinggi anti-jongkok di awal perjalanan suspensi, dan kurang setelahnya.. DW-link pada awalnya digunakan oleh Iron Horse perusahaan sepeda. Setelah mereka keluar dari bisnis pada tahun 2009, DW-link desain suspensi adalah untuk grabs.The DW-link sekarang berlisensi ke Ibis, Independent Fabrication, Turner Suspensi Sepeda, dan Pivot Cycles. 
Raksasa Maestro

Variasi lain menggunakan pendek, co-rotating, link digunakan oleh Sepeda Raksasa disebut "Maestro".
Beralih tautan

Namun variasi lain dari desain link pendek adalah "Beralih link", ditemukan pada beberapa sepeda Yeti seperti SB-66 dirancang oleh Dave Earle. Segitiga belakang terhubung ke frame menggunakan poros eksentrik, efektif membuat link yang lebih rendah sangat pendek yang panjangnya adalah bahwa dari pusat eksentrik dengan poros terpasang. Link kontra-rotasi.
Trek Lengkap Floater

Trek sepeda '"Full Floater" adalah sistem dimana shock belakang hanya melekat pada segitiga belakang. Para chainstays berporos pada kursi-tabung, dan kemudian meluas ke segitiga depan, dan bawah sengatan bushing menempel pada chainstays. Para seatstays melekat ke link "Evo", yang kemudian melekat pada shock bushing atas. Sistem ini memungkinkan penyetelan halus kinematika suspensi, sebagai sudut kejutan relatif terhadap hubungan selama perjalanan perubahan dengan cara yang lebih linear. Trek juga menggabungkan "Full Floater" dengan "ABP" poros belakang, di mana suspensi poros belakang poros belakang, yang mengurangi umpan balik pedal dan mencegah kekuatan pengereman pada formulir roda mengubah gerakan suspensi.
Equilink

The "Equilink" sistem suspensi dikembangkan oleh Sepeda Merasa untuk baris suspensi penuh mereka. Sistem ini mempekerjakan "Stephenson gaya" enam-bar linkage sistem suspensi Equilink mendapatkan namanya dari tulang anjing berbentuk bar yang mengikat link atas dan bawah bersama-sama.. Model awal termasuk poros antara rantai dan seatstay sedangkan di kemudian, serat karbon, model rantai-dan seatstays adalah satu bagian, menciptakan berputar aksi dengan meregangkan. Merasa berpendapat bahwa sistem memegang efisiensi mengayuh dalam kombinasi gigi. 
Mengambang drivetrain

Sepeda dengan 'drivetrain floating' atau 'bottom bracket mengambang' dapat menggunakan jenis sistem suspensi untuk menangguhkan roda belakang dari frame, tapi menggunakan hubungan untuk menghubungkan perakitan engkol pada suspensi frame dan belakang. Karena hubungan yang terhubung ke suspensi belakang, gerakan suspensi menyebabkan perakitan engkol untuk bergerak juga. The floating drivetrain sering digunakan untuk mengimbangi kerugian dari sistem suspensi belakang tertentu sehingga desain dapat membuat lebih baik menggunakan keuntungan.
Drivetrain Independen

The "Independen Drivetrain" (atau "IDrive") adalah sistem suspensi empat bar untuk majelis engkol sepeda, roda belakang itu sendiri ditunda suspensi poros tunggal. Ini dikembangkan oleh sepeda gunung suspensi desainer Jim Busby Jr dan merupakan akibat langsung dari keterbatasan yang dihadapi dengan GT LTS (GT Bicycles '"Link Tuned Suspension) empat-bar linkage desain yang digunakan oleh GT Bicycles 1993-1998. IDrive The upaya untuk memaksimalkan efisiensi transmisi energi dari pengendara ke roda belakang. The bottom bracket ditempatkan eksentrik dalam bantalan dalam swingarm, jarak antara pusat bantalan dan braket bawah efektif menciptakan link yang sangat singkat, dan swingarm sendiri menciptakan lain. Sebuah hubungan antara shell bearing dan bingkai kemudian menyelesaikan empat-bar linkage dengan braket bawah pada floating link dan hubungan secara keseluruhan digerakkan oleh gerakan swingarm.
Monolink

The "Monolink" yang dibuat oleh Maverick Sepeda dan dirancang oleh pendiri mantan RockShox Paul Turner, adalah varian berlisensi dari suspensi Drivetrain Independen, dan merupakan variasi dari MacPherson strut. Menggunakan tiga poin pivot dan tindakan geser shock untuk memberikan tingkat keempat kebebasan. Monolink ini menempatkan braket bawah pada link yang menghubungkan frame dan segitiga belakang. Setiap beban pada engkol sebagian unsprung karena juga merupakan beban pada salah satu bagian suspensi itu sendiri, dan secara aktif bekerja melawan suspensi. Namun, karena ini ada kurang bob selama sprint out-of-the-sadel. Sekali lagi itu adalah upaya untuk memaksimalkan efisiensi drivetrain, mengorbankan daerah lain, sepeda Terkemuka menggunakan desain ini adalah Maverick ML7, ML7.5, ML8 dan Klein Palomino.
Pendbox

The "Pendbox" ditemukan pada beberapa linkage didorong sepeda poros tunggal Lapierre di mana perakitan engkol tergantung dari frame dengan menggunakan 'mini-swingarm'; Pendbox tersebut. Sebuah link menghubungkan swingarm dan Pendbox sehingga mereka membentuk empat-bar linkage.

Sumber Review ini kami dapatkan dari Searching di Google tentang Rear Shock Sepeda Gunung di Wikipedia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar