ANATOMI SEPEDA FULSUS (FULL SUSPENSION)
Banyak penguna sepeda MTB bingung atas nama komponen sepeda. Walaupun sudah mengenal komponen dalam istilah Indonesia, tetapi banyak komponen sepeda disebut dalam bahasa Inggris.
Gambar dibawah ini nama nama dari komponen sepeda dalam bahasa Inggris. Biar tidak membingungkan istilah spoke yang artinya jari jari sepeda, atau handlebar yang diartikan stang sepeda.
Gambar dibawah ini nama nama dari komponen sepeda dalam bahasa Inggris. Biar tidak membingungkan istilah spoke yang artinya jari jari sepeda, atau handlebar yang diartikan stang sepeda.
Struktur sepeda gunung Full Suspensi
Informasi diatas memang tidak lengkap dan ada beberapa nama lain yang tidak disebutkan.
Beberapa komponen sepeda MTB belum disebutkan. Seperti komponen rem Disc Break, Cassette sama artinya seperti Sproket.
Beberapa komponen sepeda MTB belum disebutkan. Seperti komponen rem Disc Break, Cassette sama artinya seperti Sproket.
Nama asing | Persamaan |
Handlebar | Stang sepeda |
Grip | Pegangan pada stang sepeda |
Headset dan Stem | Headset :Tiang penahan bagian stang sepeda dari garpu sampai ke frame dan kemudi sepeda. Dibuat dalam 1 set. Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset |
V-brake | Rem konvensional dengan karet |
Disk Brake Mechanic | Rem dengan rotor, mengunakan sistem kabel |
Disk Brake Hydrolic | Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman dibandingkan rem Mekanik. Masuk kategori rem sepeda premium |
Rim | Velg roda |
Hub | Hub, gear, bagian tengah roda yang menyambung ke badan sepeda dan garpu depan |
Spoke | Jari jari sepeda |
Rigid Fork | Garpu depan tanpa pegas |
Suspension Fork | Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan Front suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension Shock (pegas suspensi bagian belakang) |
Crank | Gigi depan terhubung ke pedal sepeda. |
Bottom Bracket | Silinder untuk penahan gigi depan. Jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank. |
Chain | Rantai sepeda |
Seat post | Batang atau tiang penahan sadel / tempat duduk sepeda |
Saddle | Sadel atau tempat duduk sepeda |
Cassette / sprocket | Gigi belakang sepeda |
FD / RD / Rear Mechanic | Alat pemindah gigi bagian belakang atau depan |
Clampset | Penahan seatpost, penjepit tiang bangku sepeda untuk menurun dan menaikan bangku. |
Wheelset | Roda sepeda termasuk bagian hub, velg dan jari jari. Biasanya dirancang menjadi satu unit dan dibuat oleh pabrikan. |
Tube / Tire | Ban luar |
Inner Tube | Ban dalam |
Tubeless | Ban sepeda tanpa ban dalam, hanya ban luar saja. Memerlukan Velg khusus untuk ban Tubeless |
Quick Release | Kunci bagian roda, agar mudah di lepas pasang. Biasanya di singkat QR |
Rotor | Besi cakram sepeda jenis disc brake |
Presta atau Schrader | Jenis pentil ban sepeda, Presta ukuran kecil dan Schrader untuk ukuran besar seperti pentil motor |
Brake Pad | Kanvas Rem untuk rem jenis Disc Brake penjepit cakram |
Thru-axle | Seperti Quick Release, tetapi berbentuk slot yang dimasukan di bagian garpu depan sepeda tipe True-Axle. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda depan tidak mudah lepas. |
Rim tape | Pelindung ban dalam. Seperti pita yang dililitkan pada velg/rim sepeda. Melindungi bagian ban dalam agar tidak tersobek oleh lubang jari jari. |
Sumber: http://www.goesbike.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar